0

Capsicum frutescens

Posted by Muhamad Jaenal Septian on 10.59

Gorengan merupakan camilan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.
(kalau ada yang belum tau gorengan itu yang gimana, nih ane kasih gambarnya)







nah gimana gan? sukses bikin ngiler ga? :D


eits tapi pada tulisan ini ane ga akan ngebahas gorengannya. Yang bakal ane bahas, noh sesuatu yang muncul di setiap foto yang ane kasih.  Yap CABE RAWIT...!!!!!!

Cabe rawit (Capsicum frutescens) untuk sebagian orang merupakan hal yang wajib ada saat makan gorengan. Buat ane sendiri rasanya kurang mantap kalau makan gorengan ga pake cabe!

Pengalaman ane kalau makan gorengan, perbandingan antara gorengan:cabe itu bisa 1:3 sampe 1:7. Sampe bosen ane denger ceramah temen-temen ane yang ngelarang makan cabe.

OK di sini ane bakal menuliskan pembelaan ane yaitu MANFAAT CABE RAWIT.

berdasarkan artikel dari web biofarmaka IPB yang ane kutip, cabe rawit itu bisa digunakan sebagai obat anti rematik, obat sakit otot, sakit gigi, bisa juga mengobati sakit perut, perut kembung, dan asma.
kandungan capsaisin di dalam cabe rawit dilaporkan dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan dapat meningkatkan kadar insulin.

8-Methyl-N-vanillyl-trans-6-nonenamide (kapsaisin)

Biji cabe rawit dapat melindungi dari stress oksidatif karena berfungsi sebagai antioksidan.
Cabe rawit bisa juga MENAMBAH NAFSU MAKAN!!! juga menurunkan kadar kolesterol.

dan buat para pembaca sekalian khususnya buat ane sebagai penulis tetep harus inget, walaupun manfaatnya banyak tidak boleh berlebihan juga dalam pemakaiannya.
Seperti yang tertera pada QS. Al-An'am:141
Dan Dialah yang menjadikan tanaman - tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. [6:141]

PUSTAKA ACUAN



0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Piece of My Life All rights reserved.