0

Tips Penyimpanan Telur Ayam

Posted by Muhamad Jaenal Septian on 21.17

Siapa sih yang ga kenal telur? Makanan yang memiliki protein tinggi dan rasa yang enak dengan harga yang terjangkau. Walau harganya relatif murah, tetapi makanan yang ditambahkan telur biasanya jadi 'spesial'.
Namun di balik kenikmatannya tersebut tahukah bagaimana cara ayam mem'produksi'nya? Lalu apa hubungannya dengan kita sebagai konsumen?
Saat ayam bertelur, telur tersebut dikeluarkan dari tubuhnya melalui sebuah lubang yang juga menjadi lubang tempat pembuangan lainnya atau sering disebut sebagai 'muara tiga saluran'. Bisa kita lihat bagaimana 'kotornya' cangkang telur tersebut.
Sesuatu yang terlihat bersih belum tentu itu benar benar bersih. Karena bisa saja terdapat mikroba. Mikroba bisa terdapat dimana saja, termasuk di cangkang telur yang jelas - jelas terlihat 'kotor' itu. Mungkin beberapa orang menganggap "Ah da yang kotornya cangkangnya. Yang kita makan isinya". Memang benar tapi bagaimana saat kita memecahkan telurnya apa kita dapat memastikan tidak ada sedikitpun cagkang telur yang terbawa? Walau sedikit, bagaimana jika terjadi akumulasi? Bakteri yang seringkali terdapat pada cangkang telur ini yaitu Salmonella sp.
Ada sedikit tips yang ingin di share buat para pembaca.
Ketika sudah beli telur dan akan disimpan dalam jangka waktu yang agak lama, sebaiknya telur dicuci terlebih dahulu (bisa juga pake sabun yang digunakan untuk mencuci makanan). Setelah dicuci bersih, langsung tiriskan (diseka air yang masih menempel di telur). Lalu setelah itu baru bisa disimpan di lemari pendingin.
Selamat mencoba...!



0 Comments

Poskan Komentar

Copyright © 2009 Piece of My Life All rights reserved.