0

Jamu Beras Kencur

Posted by Muhamad Jaenal Septian on 19.58
Pada kesempatan ini, saya ingin mengulas tentang salah satu jenis minuman tradisional. Minuman ini dapat kita temukan dalam bentuk cair seperti yang biasa dijual oleh pedagang jamu gendong maupun dalam bentuk serbuk (instan) yang dalam penyajiannya harus ditambahkan air terlebih dahulu. Minuman tersebut yaitu BERAS KENCUR.

Dulu waktu kecil, saya sering minum jamu beras kencur yang dijual oleh pedagang jamu gendong sehingga nafsu makan saya bertambah. Sehingga badan saya yang dulunya kurus, sekarang menjadi cukup besar.

Nah, bisa dilihat sendiri perubahannya....

(perubahannya cukup signifikan sepertinya)

Buat yang belum tahu jamu di tukang jamu gendong itu seperti apa, ini saya sediakan gambarnya.

http://2.bp.blogspot.com/-bcLpOIs6zfQ/T_KkpOzE2FI/AAAAAAAAAKc/9BfLU08HRsI/s1600/jamu_1.jpg

Sedangkan yang ini adalah beras kencur yang disajikan secara modern.

http://4.bp.blogspot.com/--Fp9JNK-q0I/UFAPu7oKDyI/AAAAAAAAAQI/0KKmaZ5vwVQ/s200/beras+kencur.JPG

http://www.awanukaya.com/wp-content/uploads/2012/08/Manfaat-Beras-Kencur-Bagi-Tubuh.jpg

terlihat maknyus..................

Beras kencur merupakan salah satu minuman tradisional yang dipercaya dapat menambah nafsu makan. Rasanya yang manis dan menyegarkan itu yang membuat minuman ini cukup digemari.
Jadi buat kamu yang ingin menambah selera makan, bisa dicoba nih minuman yang satu ini. Kalau kamu kesulitan mendapatkan beras kencur dari penjual jamu gendong, minuman ini juga bisa didapat di outlet yang menjual makanan atau minuman herbal, kalau masih belum dapat ga usah khawatir, karena cara pembuatan minuman ini sangat mudah. Jadi kamu bisa buat sendiri jamu beras kencur sesuai dengan selera.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur yaitu :
  • beras;
  • rimpang kencur.
Untuk menambah citarasa dan khasiatnya, bisa juga ditambahkan bahan yang lainnya seperti :
  • rimpang jahe;
  • buah asam (untuk memberikan kesegaran);
  • gula jawa (untuk memberikan rasa manis);
  • dll.

Untuk meningkatkan khasiatnya beras yang digunakan dapat diganti dengan beras merah. Seperti yang telah dipaparkan oleh Adzkiya (2011) dalam tesisnya, pengujian penggunaan beras merah dalam minuman beras kencur dapat meningkatkan aktivitas antioksidan tanpa terkendala pada penerimaan sensori atribut citarasa dan warna.

Bahan tambahan (rempah-rempah) lain yang dapat digunakan diantaranya yaitu jahe. Jahe banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk mengobati batuk, luka dan alergi gigitan serangga serta pengobatan untuk infeksi bakteri karena memiliki aktifitas antimikroba yang baik (Amalia et al. diacu dalam Biofarmaka 2013).

Secara umum, tahap-tahap pembuatan jamu beras kencur cukup mudah. Pertama beras dicuci dan dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Bahan lainnya (seperti jahe, asam, gula jawa, dan lainnya) yang akan ditambahkan, dihaluskan atau diparut. Ke dalam beras yang telah dihaluskan, ditambahkan air matang sedikit demi sedikit, lalu didiamkan selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu, larutan beras tersebut dituangkan ke dalam bahan tambahan yang telah dihaluskan. Campuran tersebut diremas kemudian disaring dengan kain saring yang bersih. Air yang dihasilkan bisa langsung disajikan. 

Kita juga dapat mengkreasikan penyajian produk jamu beras kencur ini sesuai dengan selera, salah satunya seperti yang dicontohkan oleh Setiawan di Dunia Kuliner Nusantara.

Semoga bermanfaat.

PUSTAKA ACUAN
[Biofarmaka] Biofarmaka IPB. 2013. Potensi Jahe Sebagai Alternatif Penanganan Chronic Respiratory Diseases. http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-news/brc-article/469-the-ginger-potential-as-alternative-treatment-for-chronic-respiratory-diseases-2013. [6 Juli 2013]

Adzkiya, M. Agung Zaim. 2011. Kajian Potensi Antioksidan Beras Merah dan Pemanfaatannya pada Minuman Beras Kencur. [Tesis]. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Arrahman, Setiawan. 2013. Resep Minuman Jamu Beras Kencur.  http://duniakulinernusantara.blogspot.com/2013/04/resep-minuman-jamu-beras-kencur.html. [6 Juli 2013]



0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Piece of My Life All rights reserved.